PENGARUH LATIHAN MERAIH BOLA DI GANTUNG TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK

Natalia ., Marzuki ., Kaswari .

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan meraih
bola di gantung terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas
VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Teriak Bengkayang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk preexperimental
design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Teriak yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Teriak yang berjumlah 26 orang. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian didapatkan nilai ttest yaitu
sebesar3,629. Dengan melihat tabel statistika dimana pada derajat kebebasan
db=(N-1) adalah 26-1=25 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel
sebesar 2,060. Dengan demikian nilai dari ttest = 3,629 lebih besar dari nilai ttabel =
2,060, artinya hipotesis diterima berarti terdapat pengaruh latihan meraih bola di
gantung terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII
Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Teriak Bengkayang, dengan persentase
peningkatan sebesar 1,47%.
Kata Kunci: Latihan Meraih Bola di Gantung, Lompat Jauh Gaya Jongkok.
Abstrct: The purpose of this study to determine the effect of exercise on the ball
won the long jump ability suspension squat style in class VIII Junior High School
3 Teriak Bengkayang. The method used in this study is the experimental method
with pre-experimental design form. The population in this study is the eighth
grade students of junior high school 3 Teriak numbering 26 people. Sampling
technique using saturation sampling technique that is taking eighth grade students
of SMP Negeri 3 Shouts numbering 26 people. Data analysis was performed using
t-test analysis. The result showed that sebesar3,629 ttest value. By looking at the
table of statistics where the degrees of freedom db = (N-1) is 26-1 = 25 and the
significance level of 5% was obtained value ttabel 2,060. Thus the value of the
ttest = 3.629 greater than the table = 2.060, meaning that the hypothesis is
accepted means that there are significant grabbing exercise ball hanging on the
ability of the long jump squat force on middle school eighth grade students Teriak
Bengkayang First State 3, with a percentage increase of 1, 47%.
Keywords: Exercise Ball Grabbing at Hanging, Long Jump Squat Style.

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats