PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN PASIR PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

Rini Rubianti, M. Thamrin, Desni Yuniarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui permainan pasir pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Ikhwah Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah 20 anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Ikhwah Pontianak. Adapun alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi perencanaan dan pelaksanaan kegiatan harian (RKH) serta pedoman wawancara. Tindakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa siklus 1 pertemuan 1,2 dan 3  serta siklus 2 pertemuan 1, 2, dan 3 dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) pada aspek: (a) bersedia bermain dengan teman secara berturut-turut adalah 50%, 55%, 65%, 70%, 75% dan 85%, (b) mau meminjamkan miliknya secara berturut-turut adalah 45%, 50%, 60%, 65%, 75% dan 85% serta (c) bekerja sama merapikan alat permainan secara berturut-turut adalah 30%, 40%, 50%, 60%, 65% dan 80%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa permainan pasir dapat meningkatkan keterampilan sosial anak khususnya pada aspek bersedia bermain dengan teman, mau meminjamkan miliknya dan bekerja sama merapikan alat permainan setelah digunakan.

Kata kunci :  penelitian tindakan kelas, keterampilan sosial, permainan pasir.


Abstract: This study aims to improve social skills through play sand in children aged 4-5 years in kindergarten Islam Al-brothers would Pontianak. Study is a form of action research. Subjects were 20 children aged 4-5 years in kindergarten Islam Al-Ikhwah would Pontianak. The data collection tool used in this study is the observation sheet planning and execution of daily activities (RKH) and interview guides. Measures in this study consisted of 2 cycles. The results showed that 1 cycle of meetings 1,2 and 3 as well as two meeting cycles 1, 2, and 3 with the category growing as expected (BSH) in aspects: (a) willing to play with friends in a row is 50%, 55% , 65%, 70%, 75% and 85%, (b) willing to lend his in a row is 45%, 50%, 60%, 65%, 75% and 85%, and (c) cooperate smoothing tool game respectively are 30%, 40%, 50%, 60%, 65% and 80%. Based on the results obtained it can be concluded that the sand games can improve children's social skills, especially in the aspect willing to play with a friend, willing to lend his and cooperate smoothing tool game after use.

Keywords: action research, social skills, game sand.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723