EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA

Eka Agustriana, Sri Buwono ., Warneri .

Abstract


Abstrak : Penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Media Video Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Mempawah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media video dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Mempawah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian kuasi eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini adalah nilai ulangan harian dari XI IPS yang nilainya tidak mencapai standar ketuntasan yaitu 70. Kemudian di acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas control. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Post test sebagai alat pengumpul data. Tujuan post test ini untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video dan metode konvensional. Hasil yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus statistika. Hasilnya menunjukan bahwa penggunaan video Pembelajaran efektif dalam kegiatan belajar pada siswa kelas XI IPS dalam hal ini XI IPS 1 di SMA Negeri Mempawah hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata- rata pos test kelas eksperimen 68,93 dan kelas control 55.

Kata Kunci : Efektivitas, Video, Hasil Belajar

Abstract : The  reseach title is Media Video Usage Effective In Learning Process Economics To Improve Student Results in SMA 1 Mempawah. This study aims to describe and analyze the use of video media in improving learning outcomes on economic subjects in SMA 1 Mempawah.The method used is an experimental method to form quasi-experimental study. Sources of data in this study is the value of the daily test of IPS XI whose value does not reach the standard of completeness is 70.Then at random to determine the experimental class and control class.Researchers used the Post test as a data collector.The purpose of this test post to see the difference in student learning outcomes using video media and conventional methods. The results obtained were processed using statistical formulas.The results showed that the use of video in learning effective learning activities in class XI IPS in this case XI IPS 1 in SMA Mempawah this is evidenced by an increase in the average post test experimental class and control class 55.

Keywords: Effective, Video, Learning result

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats