PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PADA SISWI SMA DI ASRAMA PUTRI

Elisabet Elsi, Rustiyarso ., Okianna .

Abstract


Abstract : This paper is entitled “ THE ROLE OF MATRON IN LEARNING MOTIVATION TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT AT SANTA MARIA GORETI GIRL DORMITORY SEKADAU ”. The research problem is how the matron motivates senior high school students at Santa Maria Goreti girl dormitory Sekadau to learn. The problems analyzed are the action done by the matron to motivate the students to learn and the mechanism to do such actions. This research aims to investigate the role of matron to motivate the senior high school students at Santa Maria Goreti girl dormitory Sekadau to learn. It is a qualitative descriptive research. The techniques of data collection are direct observation, direct communication with the tools of observation data collection, interviews, and documentation. The sources of data used are prime and seconder data. The results show that the role of the matron tomotivate the senior high school students at Santa Maria Goreti girl dormitory to learn is relatively high. Besides, the working mechanism to motivate the students to learn is considerably good.

Keyword : role, hostel builder, and motivate to learn.

Abstrak :Judul penelitian ini Peran Pembina Asrama Dalam Memotivasi Belajar Pada Siswi SMA Di Asrama Putri Santa Maria Goreti Sekadau masalah  penelitianbagaimana pembina asrama dalam memotivasi belajar pada siswi SMA di asrama putri Santa Maria Goreti Sekadau dengan sub masalah: 1.hal yang dilakukan pembina asrama dalam memotivasi belajar pada siswi SMA,2. Bagaimana mekanisme yang dilakukan oleh suster pembina dalam memotivasi belajar siswi SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pembina asrama dalam memotivasi belajar pada siswi sma di asrama putri Santa Maria Goreti Sekadau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan observasi langsung, komunikasi langsung pengumpul data: panduan observasi, panduan wawancara, dan  dokumentasi. Sumber data 4 suster pembina asrama.Hasil penelitian ini:Peran pembina asrama dalam memotivasi belajar pada siswi SMA di Asrama Santa Maria Goreti Sekadau cukup tinggi dan mekanisme yang dilakukan oleh pombina asrama untuk memotivasi siswi dalam belajar cukup bagus.

Kata kunci : Peran, pembina asrama, dan motivasi belajar

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons