EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran Ekonomi yaitu pembelajaran Akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental dan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil post-test. Terdapat perbedaan hasil post-test pada kedua kelas. Skor rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil post-test kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen 74,67, sedangkan kelas kontrol 67,11. Serta pada kelas eksperimen siswa yang mencapai KKM lebih banyak dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan hasil perhitungan effect size sebesar 1.11 yaitu dengan kategori tinggi.
Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran STAD, Hasil Belajar
Abstract : The aims of this research is to determine the effectiveness of the learning model STAD an economic subjects in accounting learning on learning outcomes of students in grade XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. The research method in this research is experiment with Quasi-Experimental and study design Nonequivalent control grup design. This research invoived two class XI IPS 2 as an experimental class and class XI IPS 1 as the control class. The result of this research is seen by post-test result. There are different result on post-test between two class. Average score of post-test the results experiments class more high then result of post-test the control class, is experiments class 74,67, whereas control class 67,11. As well as the experiment class students who achieve KKM more than control class. This indicating that show determine of the learning model STAD is effective to increasing students achieve. With the calculate effect size for 1.11 that high score.
Key words : effectiveness, learning STAD, result of studyDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .