KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN LAYANAN TATA USAHA DENGAN KINERJA GURU MTS NEGERI KOTA PONTIANAK

Erni Pertiwi, Uray Husna Asmara, Muhammad Asrori

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Layanan Administrasi Tata Usaha dengan Kinerja  Guru  pada  Madrasah Tsanawiyah Negeri  di  Kota  Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional, yaitu dengan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda. Sampel penelitian ini adalah guru MTs Negeri di kota Pontianak yang berjumlah 51 orang. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala madrasah dan layanan administrasi tata usaha secara bersama-sama dengan kinerja guru di MTs Negeri di kota Pontianak. Dengan demikian, kepala madrasah dengan kepemimpinannya dan layanan administrasi tata usaha yang baik dapat membantu guru-guru dalam meningkatkan kinerjanya menjadi guru yang profesional.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Layanan Tata Usaha, Kinerja Guru

Abstract: This study aims to determine the relationship between Principals Leadership and Administration Services with Teacher Performance on State MTs in Pontianak. This study used a quantitative approach. The research method used was a survey method with a correlation technique, namely the technique of simple regression and multiple correlation. The sample was a teacher in the city of Pontianak MTs which amounted to 51 people. The results showed a positive relationship between leadership Principals and administration services together with the performance of the teacher at MTs in the city of Pontianak. Thus, Principals with leadership and administrative services administrators can help teachers to improve their performance become professional teachers.

Key Words : Leadership, Administration Services, Teacher Performance


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats