HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN SISWA KELAS X SMAN PALOH

Nurul Rifky Huba, Abdussamad ., Laurensius Salem

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, kemampuan memahami bacaan, dan hubungan antara sikap siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMAN di kecamatan Paloh tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis korelasional. Sampel penelitian ini adalah 38 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata sikap siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia adalah 56,5. Ketercapaian tersebut berkategori positif. Kemampuan memahami bacaan pada siswa berdasarkan distribusi frekuensi sebanyak 76,32% pada interval 7 sampai 8. Ketercapaian tersebut berkategori sedang. Sedangkan hubungan antara sikap terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kemampuan memahami bacaan memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,645.

Kata Kunci: Hubungan, Sikap, Memahami Bacaan

Abstract: This research aims to describe students’ attitude toward Bahasa Indonesia  Learning, describe the ability to comprehend text, and know a correlation between attitude toward learning and the ability to comprehend text. The method was correlational analitical descriptive. The sample in this research was 38 students. The data analysis revealed that students’ attitude toward Bahasa Indonesia learning are categorized positively, indicated by overall participants score is 56,5. This constitutes as a very positive score. Students’ reading comprehension ability is in medium category which is shown by overall partcipants score in interval 7 until 8, as an indicator for medium category. There is a positive and significant correlation between attitude toward Bahasa Indonesia learning and students reading comprehension ability which is in high categoty medium, 0.645.

Keywords: Correlation, Attitude, Reading Comprehension


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons