PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
Menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode outdoor study di kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) serta bersifat kolaboratif. Tempat penelitian berlangsung di SDN 36 Pontianak Selatan, subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil analisis data pada base line menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 33,33%, sehingga diberikan tindakan menggunakan metode outdoor study untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Setelah menggunakan metode outdoor study, pada siklus I ketuntasa belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 62,96% dengan selisih dari base line yaitu 29,63%, pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjada 81,48% dengan selisih peningkatan dari siklus I yaitu 18,52%.
Kata kunci : Peningkatan, karangan deskripsi, metode outdoor study.
Abstract: This study aimed to describe the increase in capability essay writing descriptions using the outdoor study in class IV SDN 36 Pontianak Selatan West Borneo Province. The method used is descriptive. From of serearch is Classroom Action Research as well as collaborative. Where the research took place in sdn 36 Pontianak Selatan West Borneo, the study subjects were fourth graders who totaled 27 people and subject teachers Indonesian. The results of the base line data analysis showed that mastery learning students only reaches 33,33%, so that the given action using the outdoor study methodes to improve students ability to write essays description. After using pool study, on cycle I mastery learned students has increased to 62,96% with the difference of base line i.e. 29,63%, cycle II experience increased again keep 81,48% with the difference in improvement of cycle I i.e. 18,52%.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats