PERSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI KASUS PEMINATAN DI SMA NEGERI 1 PONTIANAK)

Falcifera Silvia Oktadiani, Sri Buwono ., M. Basri

Abstract


Abstract: This research aims to determine the students' perceptions about economic subjects as cross-interest subjects in class X Mathematics 5 and 6 SMA Negeri 1 Pontianak. The method used is descriptive method to study the form of case studies. The data source of this study totaled 72 students. The results showed that the majority (38.89%) of students felt that the lack of economic subjects in accordance with the interests of students as subjects in class X interest cross Mathematics 5 and 6, the majority (80.55%) students can connect classroom content with the economic things that are experienced in everyday life, the majority (61.11%) students felt less need to explore the science of economics at further education and most (61.11%) students can understand the importance of ethics in entrepreneurship after studying economics.

 

Keywords: Perceptions of students, the economy and Specialisation Subjects

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai pelajaran ekonomi sebagai mata pelajaran lintas minat di kelas X MIPA 5 dan 6 SMA Negeri 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini berjumlah 72 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar (38,89%) siswa merasa bahwa pelajaran ekonomi kurang sesuai dengan minat siswa sebagai mata pelajaran lintas minat di kelas X MIPA 5 dan 6, sebagian besar (80,55%) siswa dapat menghubungkan isi pelajaran ekonomi dengan hal-hal yang dialami dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar (61,11%) siswa merasa kurang perlu mendalami ilmu ekonomi pada jenjang pendidikan selanjutnya dan sebagian besar (61,11%) siswa dapat memahami pentingnya etika dalam berwirausaha setelah mempelajari ekonomi.

Kata Kunci: Persepsi siswa, Mata pelajaran ekonomi dan Peminatan

Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons