EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL PETA KONSEP DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Yuliana (F10212015), Mashudi ., Achmadi .

Abstract


Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui: Efektivitas pembelajaran model peta konsep dalam peningkatan kreativitas dan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran ekonomi. Bentuk Penelitian quasi eksperimen, desain penelitian menggunakan pre test post test non-equivalent control group desaign.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar ekonomi dengan angket kreativitas belajar, dan observasi pada saat pelajaran berlangsung. Pengujian hipotesis dianalisis dengan uji kebebasan dua faktor dan uji komparasi ganda dengan uji Scheffe, dengan bantuan SPSS 17, menggunakan taraf signifikan α = 0,05 disimpulkan : (1) Penggunaan model peta konsep lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan model ceramah dengan F tabel pada taraf signifikan 95% sebesar 3,23 maka F hitung lebih besar dari F tabel atau 23,195 > 3,23 . (2) Model peta konsep dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa  F tabel pada taraf signifikan 95% sebesar 3,23 maka F hitung lebih besar dari F tabel atau 17,667 > 3,23. (3) Interaksi model peta konsep dengan kreativitas  siswa F tabel pada taraf signifikan 95% sebesar 3,23 maka F hitung lebih besar dari F tabel atau 3,668 > 3,23.

Kata  Kunci: Peta Konsep, Kreativitas , Hasil Belajar .

 

Abstract : This quantitative Research bent on to know: Effectivity of map of model study concept in creativity improvement and result  learn student at subject economy.Research form quasi experiment, research design uses pre test post test non-equivalent control group desaign. Instrumen that used by to collect data is test result learns economy with creativity questionnaire learn, and observation when lesson take place. Hypothesis testing are analysed by freedom test two factor and tests double komparasi by test Scheffe contructively SPSS 17, use significant level  α = 0,05 are concluded : (1) The usage of model of concept map more effective in improving result learns student in comparison with discourse model with F tables in significant level 95% as high as 3,23 then F count/calculate bigger than F tables or 23,195 > 3,23 . (2) Model of concept map of can improve creativity learns student F tables in significant level 95% as high as 3,23 then F count/calculate bigger than F tables or 17,667 > 3,23. (3) Interaction of concept map of model with student creativity F tables in significant level 95% as high as 3,23 then F count/calculate bigger than F tables or 3,668 > 3,23.

Keyword:  Map  concept,  Creativity, Improvement learnt.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons