THE STUDENTS’ LANGUAGE LEARNING STRATEGIES IN ENGLISH FOREIGN LANGUAGE (EFL) READING

Rarastuti Tri Pratiwi, Zainal Arifin, Sumarni .

Abstract


Abstrak:Penelitianinibertujuanuntukmenggambarkanfrekuensipenggunaanstrategipembelajaranbahasa yang digunakanolehmahasiswasaatmembaca text berbahasainggris. Partisipandalampenelitianiniadalahmahasiswa semester lima yang kuliah di program studibahasainggrisFakultasKeguruandanIlmuPendidikan di UniversitasTanjungpuraangkatan 2013/2014. Didalampenelitianini, datadiperolehmelaluiangketdan interview untukmendapatkaninformasi yang lebihdalamdanakurat.Data penelitiandianalisismenggunakanperhitungan rata-rata yang kemudiandikategorikanmenjadikategoritinggi, sedang, danrendah.Menuruthasilpenelitiandapatdiketahuibahwapenggunaanstrategibelajarpadasaatmembaca text berbahasainggristergolongkedalamkategorisedang.Selainitu, data menunjukanstrategi metacognitivesebagaistrategi yang palingseringdigunakandengan mean score 3,6 yangkemudiandiikutiolehstrategibelajarlainnya yang meliputi:strategicognitive (3.5), strategicompensation (3.4), strategi social (3.1), strategiaffective (3.0), and strategi memory (2.9).

 

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Bahasa, EFL

Abstract: This research aims to describe the frequency of language learningstrategies used by students in EFL reading. The participants in this research are the fifth semester students of English Study Program of Teacher Training and Education Faculty (FKIP) Tanjungpura University in Academic Year 2013/2014. The data were derived through questionnaire and interview for getting deeper and sharper information. The data was analyzed by using mean score calculation which is followed by ranking every category into high user, medium user, and low user. The finding reveals that it puts the students in overall at medium category user. Also, the result highlights metacognitive strategy as the most frequent strategy used with average 3.6, and followed respectively by cognitive (3.5), compensation (3.4), social (3.1), affective (3.0), and memory strategy (2.9).

 

Key Words: Language Learning Strategies, EFL

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons