PENGGUNAAN MEDIA KARTU DIALOG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD

Dwi Hersusanti, Mastar Asran, Budiman Tampubolon

Abstract


Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media kartu dialog dalam Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 10 Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan media kartu dialog dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 10 Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan sifat penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN 10 Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya yang berjumlah 8 orang dengan siswa laki-laki berjumlah 4 orang dan siswa perempuan berjumlah 4 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dengan alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi.Hasil rata-rata menyusun rencana pelaksanaan pembelajaraan pada siklus I 2,33  (cukup) meningkat menjadi 3,33 (baik) pada siklus II. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran rata-rata total pada siklus I  2,09 (cukup) meningkat menjadi 3,12 (baik). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata nilai 45 (rendah) meningkat menjadi 98,75 (tinggi).

Kata Kunci : Media Kartu Dialog, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Hasil Belajar.

Abstract: A common problem in this study is "Are the media card using dialogue in Indonesian can improve student learning outcomes SDN 10 class II Gulf Pakedai Kubu Raya district?". The purpose of this study is to obtain information and describe the improvement of student learning outcomes in a dialogue with the media card Indonesian learning in class II SDN 10 Gulf Pakedai Kubu Raya district. The method used in this research is descriptive method with this type of research is Classroom Action Research (CAR) and the nature of collaborative research. This study was done 2 cycles including planning, implementation, observation and reflection, and the subject of this study is the second grade students of SDN 10 Gulf Pakedai Kubu Raya district, amounting to 8 people with male students consists of 4 people and female students amounted to 4 people . Data collection techniques used were direct observation techniques with a data collection tool uses the average observasi.Hasil guidelines to plan the implementation of learning in the first cycle of 2.33 (fairly) increased to 3.33 (good) on the second cycle. The ability of teachers to implement learning total average cycle I 2.09 (enough) increased to 3.12 (good). Student learning outcomes in the first cycle with an average value of 45 (low) increased to 98.75 (high).

Keywords: Media Card Dialog, Indonesian Learning, Learning Outcomes.


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats