PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN DAKON BILANGAN DI SEKOLAH DASAR

Hermahnita F34211690, Mastar Asran, Budiman Tampubolon

Abstract


Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan dakon bilangan dalam pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Kota?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan dakon bilangan dalam pembelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan sifat penelitian kolaboratif. Hasil rata-rata menyusun rencana pelaksanaan pembelajaraan pada siklus I 2,77  (baik) meningkat menjadi 3,47 ( baik ) pada siklus II. Kemampuan guru melaksanakan pembelajaran rata-rata total pada siklus I  2,88 ( baik ) meningkat menjadi 3,53 ( baik sekali ). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata nilai 57,67 (baik) meningkat menjadi 72,14 (tinggi).

 

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Dakon Bilangan, Hasil Belajar

 

Abstract : A common problem in this study is " Is using numbers in learning dakon Factors and Multiples Guild Guild Ascending Descending to improve student learning outcomes Elementary School fifth grade 12 Pontianak Kota ? " . The purpose of this study is to obtain information and describe the improvement of student learning outcomes using dakon numbers in learning Mathematics in Elementary School fifth grade 12 Pontianak Kota . The method used in this research is descriptive method with this type of research is Classroom Action Research ( CAR ) and the nature of collaborative research . The average yield learning implementation plan in cycle I to 2.77 (good) in cycle II to 3.47  (good) . The ability of teachers to implement learning on average total cycle I 2.88 (good) increased to 3.53 (excellent). Student learning outcomes in cycle I with an average value of 57.67 (good) increased to 72.14 (high).


Keywords : Mathematics Learning, Dakon Numbers and Learning Outcomes.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons