MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV

E. Husni Osnata, Zainuddin ., Rosnita .

Abstract


Abstrak: Pembelajaran  PKn banyak faktor yang  dianggap tidak sesuai dalam pembelajaran dan merupakan pembelajaran  yang membosankan bagi siswa. Oleh karena itu guru mencoba menggunakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran., sehingga hasil yang diperoleh lebih optimal. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas  yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilakanakan 2 kali pertemuan. Yang setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi terhadap tindakan.Siswa yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 07 Anjongan yang berjumlah 20 siswa. Tekhnik pengumpulan data berupa hasil observasi tentang motivasi siswa serta dari wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat motivasi siswa pada siklus I di kelas IV SDN 07Anjongan pada pelajaran PKn adalah 54,37 %, dan pada siklus 2 naik menjadi 78,75%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52,25 masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65 dan pada siklus  2 menjadi  68,25sudah di atas KKM .

Kata Kunci : Motivasi, Metode Bermain peran.

Abstract: Learning Civics are many factors that are considered not suitable for learning and learning is boring for students. Therefore, teachers try to use learning using role play method., So the result is optimal. This research method is the method of action research that consists of 2 cycles, each cycle dilakanakan 2 meetings. That each cycle consisting of planning action, action, observation, and reflection on tindakan.Siswa studied were fourth grade students of SDN 07 Anjongan totaling 20 students. Data collection techniques such as observation results on student motivation as well as from interviews and field notes. Based on the analysis of data it can be concluded that the average level of student motivation in the first cycle in the fourth grade at SDN 07Anjongan Civics is 54.37%, and in cycle 2 increased to 78.75%. While the learning outcomes of students in the first cycle of 52.25 is still under KKM set at 65 and on cycle 2 be 68,25sudah above KKM.

Keywords: Motivation, Method Acting.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats