PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA METODE PEMBELAJARAN LARI ZIG-ZAG PADA SMP MUHAMADIYAH SIMPANG EMPAT
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
keterampilan menggiring bola pada permainan sepak bola dengan metode
pembelajaran lari Zig-zag pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Simpang
Empat. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode deskriftif kuantitatif
dengan teknik persentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah Simpang Empat, berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil analisis
data, maka dapat disimpulkan: (1) Ada peningkatan kecepatan dengan latihan lari
zig-zag dengan keterampilan menggiring bola, (2) Ada peningkatan kelincahan
dengan latihan lari zig-zag dengan keterampilan menggiring bola. Dari hasil tes
menggiring bola dengan cara zig zag diketahui memiliki nilai siswa tuntas 78 %
dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi awal 41 % setelah diadakan siklus 1
terjadi peningkatan 27% menjadi 68 %, Sehingga ada perbedaan antara siklus 1
dengan siklus 2 adalah 68% - 86% = 18%, tes tes awal dengan siklus 2 adalah
86% - 41% = 45%.
Kata Kunci: Peningkatan, Pembelajaran, Menggiring bola, Metode zig-zag.
Abstract: The purpose of this study was to determine the increase in dribbling
skills in the game of football with learning methods Zig-zag run in the eighth
grade students of SMP Muhammadiyah Simpang Empat. This research method is
quantitative descriptive method with techniques percentage. Subjects were eighth
grade students of SMP Muhammadiyah Simpang Empat, totaling 22 students.
Based on the analysis of data, it can be concluded: (1) There is an increase in
speed with a practice run with the zig-zag dribbling skills, (2) There is an increase
in agility with a practice run with a zigzag dribbling skills. From the test results
dribble with zig zag manner known to have completed 78% of the students with
the criteria very well. The results of preliminary observations held 41% after cycle
1 increased 27% to 68%, so there is a difference between cycle 1 to cycle 2 was
68% - 86% = 18%, the initial test with the test cycle 2 was 86% - 41% = 45 %.
Keywords: Improvement, Learning, Dribble, zig-zag method.
keterampilan menggiring bola pada permainan sepak bola dengan metode
pembelajaran lari Zig-zag pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Simpang
Empat. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode deskriftif kuantitatif
dengan teknik persentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah Simpang Empat, berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil analisis
data, maka dapat disimpulkan: (1) Ada peningkatan kecepatan dengan latihan lari
zig-zag dengan keterampilan menggiring bola, (2) Ada peningkatan kelincahan
dengan latihan lari zig-zag dengan keterampilan menggiring bola. Dari hasil tes
menggiring bola dengan cara zig zag diketahui memiliki nilai siswa tuntas 78 %
dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi awal 41 % setelah diadakan siklus 1
terjadi peningkatan 27% menjadi 68 %, Sehingga ada perbedaan antara siklus 1
dengan siklus 2 adalah 68% - 86% = 18%, tes tes awal dengan siklus 2 adalah
86% - 41% = 45%.
Kata Kunci: Peningkatan, Pembelajaran, Menggiring bola, Metode zig-zag.
Abstract: The purpose of this study was to determine the increase in dribbling
skills in the game of football with learning methods Zig-zag run in the eighth
grade students of SMP Muhammadiyah Simpang Empat. This research method is
quantitative descriptive method with techniques percentage. Subjects were eighth
grade students of SMP Muhammadiyah Simpang Empat, totaling 22 students.
Based on the analysis of data, it can be concluded: (1) There is an increase in
speed with a practice run with the zig-zag dribbling skills, (2) There is an increase
in agility with a practice run with a zigzag dribbling skills. From the test results
dribble with zig zag manner known to have completed 78% of the students with
the criteria very well. The results of preliminary observations held 41% after cycle
1 increased 27% to 68%, so there is a difference between cycle 1 to cycle 2 was
68% - 86% = 18%, the initial test with the test cycle 2 was 86% - 41% = 45 %.
Keywords: Improvement, Learning, Dribble, zig-zag method.
DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .