PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA REALITA DI KELAS V SD

Yutik Kasmini, Suryani ., Budiman Tampubolon

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media realita dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 02 Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dan sifat penelitian yaitu kolaboratif, subjek penelitian guru kelas V SD selaku peneliti dan siswa kelas V berjumlah 24 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Penelitian dilakukan 2 siklus, dengan hasil yang diperoleh yaitu kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, siklus I dengan rata – rata 3,26, siklus II meningkat sebesar 3,53. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I sebesar 3,37 dan siklus II meningkat sebesar 3,70. Dari kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran diperoleh nilai hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata – rata sebesar 62,50, pada siklus II dengan rata – rata 89,16. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata sebesar 26,66.

 

Kata kunci: Hasil belajar, Pembelajaran Matematika, Media Realita.

 

Abstract: This research aims to describe the using of real media in increasing student learning outcome in Mathematics learning to student class V Elementary School 02 Sanggau. The method used is descriptive method, research forms are the class action research and the nature of collaborative research, research subject is a class V Elementary School teacher as a researcher and 24 students class V Elementary school. Means of collecting data are observation sheet and learning outcome test. This research has 2 cycles, and the result is the ability of teacher in arranging lesson plan, cycle 1 with an average of 3,26, cycle II increased with an average of 3,53. The ability of teacher in learning cycle 1 is 3,37 and cycle II increased  3,70. Based on the ability of teacher in arranging lesson plan and implementing learning obtained student learning outcome for cycle 1 with an average of 62,50, with an average of 89,16 for cycle II. It is showing an increased by 26,66.

 

Keywords: Learning Outcome, Mathematics Learning, Realia Media


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons