PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA REALITA KELAS IV

Yasinta Kina, Budiman Tampubolon, Suryani .

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah“Apakah dengan menggunakan media realita pada pembelajaran pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Nala Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pecahan menggunakan media realita di kelas IV Sekolah Dasar Negeri No.21 Nala.Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus I total skor yaitu 16.5 atau rata-rata 3.33 dan Siklus II total skornya yaitu 19.25 atau rata-rata meningkat 3.85. hasil pengamatan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I Total skor yaitu 13.21 atau rata-rata 3.30 dan siklus ke II meningkat menjadi 15.20 atau rata-rata 3.80.hasil belajar siswa pada materi menyatakan pecahan dalam gambar adalah siklus I rata-rata 55.79 dan siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 82.11.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Realita, Matematika.

 

Abstract: The problem in this study is " Does the use of media in learning fractions reality can improve student learning outcomes Elementary School fourth grade Nala 21 This study aims to describe the implementation of learning fractions using the media reality in fourth grade Elementary School # 21 Nala . the method used is descriptive in the form of research is Classroom Action Research . The results obtained are the ability of the teacher in preparing lesson plans in the first cycle is the total score of 16.5 or an average of 3.33 and Cycle II total score is 19:25 , or an average increase 3.85 . observation of the teacher 's ability to implement the learning in the first cycle total score is 13:21 , or an average of 3:30 and the second cycle to increase to an average of 15:20 or 3.80.hasil student learning fractions in the material stated in the picture is the first cycle and on average 55.79 second cycle increased the average is 82.11 .


Keywords: Learning Outcomes, Media Reality, Math.


Full Text:

PDF PDF ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons