MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGUNAKAN ALAT PERAGA KONKRIT DI KELAS III SDN 36 SERIMBANG

Solastri Natal, Paternus Hanye, Halini .

Abstract


Abstrak: Meningkatkan hasil belajar matematika mengunakan alat peraga konkrit di SDN 36 Serimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran menggunakan alat peraga konkrit dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III SDN 36 Serimbang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolabolator dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas ini adalah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/hasil dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran. skor rata-rata Siklus I Pertemuan I sebesar 70,37  pada siklus 1Pertemuan 2 skor rata-rata 71,11, dan pada siklus 2 meningkat dengan skor nilai sebesar 85,18. Hal ini berarti pembelajaran dengan mengunakan alat peraga konkrit dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Dari pelaksanaan pengumpul data dan hasil analisis data maka hipotesis penelitian yang menyatakan jika guru  menggunakan alat peraga konkrit  maka hasil belajar peserta didik akan meningkat.

 

Kata Kunci: Alat Peraga Konkrit, Hasil Belajar.

Abstract: Increasing mathematics learning outcomes by using concrete aids of SDN 36 Serimbang. The purpose of conducting this research is to determine Whther The application of learning to use concrete aids can increase learning outcomes to the Third Level Students of SDN 36 Serimbang. The method used in this research is descriptive method with a quantitative approach. While this research is a form of classroom action research that are collaborators with procedure are planning, implementation, observation / result and reflection. The results obtained are carrying out research in the learning capability. Average score of the first meeting of the first cycle was 70.3. In the first cycle second metting average score was 71.11 and in the second cycle increased with the score value was 85.18. It means learning by using concrete aids increase the students’ learning

outcomes. From the implementation of collecting and data analysis. Furthermore the research hypothesis that said “if teachers use concrete aids, the learning outcomes of students will increase”.

Key words: concrete aids, learning outcome


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats