PEMANFAATAN KOMIK BERBASIS NARASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PEROLEHAN KECAKAPAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Renni Dwi Wahyuni, Syahwani Umar, Ahmad Yani T

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan komik berbasis narasi dalam pembelajaran matematika untuk perolehan kecakapan menyelesaikan soal cerita.Penelitian ini menggunaan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah :1) Rancangan pembelajaran ditempuh dengan langkah-langkah kegiatan : menganalisis kebutuhan pebelajar, merumuskan tujuan dan materi pembelajaran, merumuskan tugas belajar, perolehan belajar dan isi belajar, menentukan skenario pembelajaran dan media yang akan digunakan.  2) Profil komik berbasis narasi melalui proses sebagai berikut : didasarkan pada rancangan pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya, membuat flow chart, membuat tampilan storyboard, membuat tampilan program, melakukan pengisian suara, melakukan penggabungan video-video yang akan disisipkan, mengemasnya dalam bentuk compact disc. 3) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan komik berbasis narasi berlangsung dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. 4). Perolehan kecakapan menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika meningkat setelah memanfaatkan komik berbasis narasi.

Kata Kunci : Pemanfaatan, Komik Berbasis Narasi, Perolehan Kecakapan Menyelesaikan Soal Cerita

ABSTRACT : The advantages of comic naration based is aimed in this research in Mathematics learning to acquire the ability in doing the narative exercise.Qualitative method and qualitative description approach are used in this research. The result of this research are : 1) Teaching plan through: analyzing students need, formulating goals and teaching material, arranging the tasks, achieving result from learning activity, determing learning scenario and media used. 2) The profile of media naration based through the process as follows: based on the teaching plan that had been made before, making flow chart, making storyboard apperance, making program apperance, dubbing the story, combining videos which will be used and complile them into one compact disc. 3) The implementation of learning Mathematics by using comic naration based in acquiring ability in doing narrative exercise is conducted well and can improve the teaching learning process. 4) The acquirement of ability in doing narrative exercise in Mathematics was increased after the research was conducted.

Keywords: Utilization, Narrative Based Comic Media, Acquirement of the Ability in Doing Narrative Exercise.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN : 2715-2723