PENINGKATAN AKTIVITAS MURID MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SDN 15 GANDIS HULU SINTANG
Abstract
Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatam aktivitas murid dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 15 Gandis hulu Sintang. Sedangkan bagiannya yaitu untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas murid dalam pembelajaran Ilmu pengtahuan Alam yang menggunakan metode demonstrasi di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Gandis Hulu Sintang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan bentuk penelitiannya survei kelembagaan. Setting penelitiannya menggunakan setting di dalam kelas yaitu kelas VI Sekolah Dasar Negeri Gandis Hulu Sintang. Prosedur penelitiannya langsung tabel tiga (3) satu kelas dengan ditambah pengumpul data anggota dengan observasi langsung dan alat lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas murid dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas VI SDN 15 Gandis Hulu Sintang meliputi (1) aktivitas fisik murid meningkat dari baseline 28,79% ke siklus 3 sebesar 57,14%. Meningkat sebesar 28,35% Dengan kategori rendah (2) aktivitas mental murid meningkat dari baseline 19,32% ke siklus 3 sebesar 55,68% meningkat sebesar 36,36% dengan kategori rendah (3) Aktivitas emosional murid meningkat dari baseline 28,18% ke siklus 3 sebesar 50.00% meningkat sebesar 21,82% dengan kategori rendah.
Kata Kunci : Peningkatan, Metode, Demonstrasi
Abstract : A common problem in this research is how students in a learning activity peningkatam Natural Sciences using demonstration method in class VI Elementary School 15 Gandis Hulu Sintang . While the part is to describe the increase in the student activity pengtahuan Natural Sciences learning method that uses a demonstration in class VI Upper Elementary School Gandis Sintang . The method used is descriptive method and form of institutional research surveys . Setting research use in the classroom setting is a class VI Upper Elementary School Gandis Sintang . Direct research procedure table three ( 3 ) one class with member data collector coupled with direct observation and observation sheet tool . These results indicate an increase in activity of students in the Natural Sciences learning using demonstration method in class VI Elementary School 15 Gandis Hulu Sintang include ( 1 ) physical activity from baseline pupil increased 28.79 % to 57.14 % for 3 cycles . Increased by 28.35 % with the low category ( 2 ) the mental activity of students increased from baseline 19.32 % to 55.68 % for 3 cycles increased by 36.36 % to a low category ( 3 ) emotional activity increased from baseline 28 students , 18 % to 3 cycles of 50.00 % increased by 21.82 % to a low category.
Key Word : Increase, Metode, Demonstration
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats