UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN 7 SINGKAWANG SELATAN

Sajiman ., Victor Simanjuntak, Eka Purnomo

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh penggunaan alat
media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pasing bawah bola voli pada
Siswa Kelas IV di SDN 7 Singkawang Selatan. Metode yang digunakan yaitu
metode diskriptif. Teknik yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian
ini dilaksanakan di SDN 7 Singkawang Selatan. subjek penelitian ini berjumlah
19 Siswa. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi
pengamatan kepada siswa melalui: 1).Tes: dipergunakan untuk mendapatkan data
tentang hasil praktek pasing bawah bola voli yang dilakukan siswa. 2).Observasi:
dipergunakan sebagai teknik untuk mengumpulkan data tentang sikap siswa
selama kegiatan belajar mengajar saat penerapan pembelajaran menggunakan
media audio visual. Hasil penelitian menunjukan peningkatan. Hal ini dapat
dibuktikan dari penghitungan hasil belajar siswa meningkat dari data awal yaitu
52.63% ketuntasan “kurang”, siklus I meningkat menjadi 63.16 % kriteria
ketuntasan “baik”, pada siklus II menjadi 78.95 % dengan kriteria ketuntasan
“baik”, dan pada siklus III menjadi 89.47 % dengan kriteria ketuntasan baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing Bawah Bola Voli, Media Belajar Audio
Visual
Abstract: The aim of this study wanted to determine the effect of the use of
audio-visual media tools can improve learning outcomes under the pasing
volleyball in Class IV at 7 Singkawang SDN South. The method used is
descriptive method. Techniques used Classroom Action Research. This study was
conducted in South Singkawang SDN 7. subject of this research were 19 students.
Instrument of data collection using observation sheet observation to students
through: 1) .Tes: used to obtain data on the results of pasing under volleyball
practice of the student. 2) .Observasi: used as a technique to collect data on
students' attitudes for teaching and learning activities while learning application
using audio-visual media. The results showed an increase. This is evident from the
calculation of student learning outcomes is increased from 52.63% initial data
completeness "less", the first cycle increased to 63.16% completeness criteria of
"good", in the second cycle to be 78.95% completeness criteria of "good", and the
third cycle be 89.47% with a good mastery criterion.
Keywords: Learning Outcomes, Passing Down Volleyball, Learning Media
Audio Visual

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats