PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BAKIAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Diah yuliaarni, M. Thamrin, Dian Miranda

Abstract


Masalah penelitian ini didasari karena masih kurangnya kemampuan anak kelompok B di PAUD Al-Wahdah dalam peningkatan motorik kasar yang belum optimal. Hal ini dapat dilihat masih rendahnya kemampuan anak dalam aspek perkembangan motorik kasar yaitu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih keseimbangan, kelenturan dan kelincahan, melakukan koordinasi gerakan kaki, tangan dan kepala, untuk meningkatkan motorik kasar anak PAUD Al-Wahdah alternatif yang digunakan adalah dengan permainan bakiak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 16 orang dan lokasi yang telah digunakan sebagai penelitian adalah PAUD Al-Wahdah Kecamatan Pontianak Kota. Hasil penelitian adalah peningkatan kemampuan motorik kasar dapat dilakukan melalui metode permainan bakiak pada anak usia 5-6 tahun.

Kata Kunci : Kemampuan motorik kasar, permainan bakiak

 

Abstract: The problem of this study was based due to the lack of ability of child in early chilhood B Al-Wahdah in improving gross motor skills are not optimal. Of childreen in gross motor development apectst that make a coordinased movement of the body do improve balance, flekxibility  and agility, coordination of movement legs, hands and head, to improve childrens gross motor PAUD Al-Wahdah used alternative is to clogs game. The method used in this research is descriptives method and form of research is classroom action research. Subjects in this study were childreen of 16 people and locations that have been used as research is PAUD Al-Wahdah district of Pontianak city results of the study is the increase in gross motor skills can be done through the method bakiak race the game at 5-6 year old.

Keyword: Gross motor skills, games bakiak race


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats