PEMBELAJARAN MENGGIRING BOLA MELALUI GAYA MENGAJAR DIVERGEN PADA SISWA MTs YASTI SIMPANG EMPAT KABUPATEN SAMBAS
Abstract
Abstrak: Pembelajaran Menggiring Bola Melalui Gaya Mengajar Divergen Pada
Siswa Mts Yasti Simpang Empat Kabupaten Sambas. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan pembelajaran menggring bola dengan gaya
menagajar divergen. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode deskriftif
kuantitatif dengan teknik persentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII
Mts Yasti Simpang Empat, yang berjumlah 17 orang siswa. Sedangkan
pengambilan sampel penelitian adalah dengan menggunakan teknik tes perbuatan
(performance). Teknik pengumpulan data yang digunakan terhadap sampel
penelitian ini adalah teknik tes yang dilengkapi dengan instrumen penilaian
sebagai alat ukur, yang digunakan untuk mengetes keterampilan menggiring bola.
Hasil tes mengiring bola diketahui siswa memiliki nilai ketuntasan belajar
82,35%, sehingga dalam kriteria sangat baik. Jadi ada perbedaan antara hasil tes
siklus 2 dengan hasil tes siklus 1 adalah 82,35 % - 52,94 % = 29,41 %.
Kata Kunci : pembelajaran, menggiring bola, sepak bola, gaya menagajar
divergen.
Abstract : Learning to driblle through divergent teaching style on students Mts
Yasti Simpang Empat Kabupaten Sambas. This research aims to know the
improvement of learning style dribble divergent teaching on students. The method
of this research is quantitave decriftive method using the technigue of the
percentage. The subjeck of this research is grade VIII who totaled 17 peoples.
While the sampling research test technigue is to ue a deed (peformance). Data
collection technigues used against this research sample test technigue are
complemented by assessment instruments as a measurement tool. While is used to
test the skill of the driblle. The test result of the students known to driblle has
value completeness learn 82,35 %, thus the criteria very well. So there is a
difference between the test result with the results of the test cycle 2 cycle 1 is
82,35 % - 52,94 % = 29,41 %.
Key word : learning, dribble, football, divergent teaching style
Siswa Mts Yasti Simpang Empat Kabupaten Sambas. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan pembelajaran menggring bola dengan gaya
menagajar divergen. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode deskriftif
kuantitatif dengan teknik persentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII
Mts Yasti Simpang Empat, yang berjumlah 17 orang siswa. Sedangkan
pengambilan sampel penelitian adalah dengan menggunakan teknik tes perbuatan
(performance). Teknik pengumpulan data yang digunakan terhadap sampel
penelitian ini adalah teknik tes yang dilengkapi dengan instrumen penilaian
sebagai alat ukur, yang digunakan untuk mengetes keterampilan menggiring bola.
Hasil tes mengiring bola diketahui siswa memiliki nilai ketuntasan belajar
82,35%, sehingga dalam kriteria sangat baik. Jadi ada perbedaan antara hasil tes
siklus 2 dengan hasil tes siklus 1 adalah 82,35 % - 52,94 % = 29,41 %.
Kata Kunci : pembelajaran, menggiring bola, sepak bola, gaya menagajar
divergen.
Abstract : Learning to driblle through divergent teaching style on students Mts
Yasti Simpang Empat Kabupaten Sambas. This research aims to know the
improvement of learning style dribble divergent teaching on students. The method
of this research is quantitave decriftive method using the technigue of the
percentage. The subjeck of this research is grade VIII who totaled 17 peoples.
While the sampling research test technigue is to ue a deed (peformance). Data
collection technigues used against this research sample test technigue are
complemented by assessment instruments as a measurement tool. While is used to
test the skill of the driblle. The test result of the students known to driblle has
value completeness learn 82,35 %, thus the criteria very well. So there is a
difference between the test result with the results of the test cycle 2 cycle 1 is
82,35 % - 52,94 % = 29,41 %.
Key word : learning, dribble, football, divergent teaching style
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6425
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats