UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BELAJAR YANG DIMODIFIKASI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pembelajaran tolak peluru gaya
menyamping dengan menggunakan media belajar yang dimodifikasi pada siswa kelas 6 SDN 17
Serdang Kecamatan Pemangkat. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian 25 siswa. Hasil pelaksanaan penelitian
pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan media belajar yang
dimodifikasi menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada siklus I memiliki presentase
ketuntasan secara klasikal sebesar 68 % dan belum mampu mencapai target ketuntasan minimal
secara klasikal yang telah ditetapkan, yaitu 75%, (2) Pada siklus II, penguasaan materi teknik
dasar tolak peluru gaya menyamping secara klasikal adalah sebesar 84 %, yang berarti telah
mampu mencapai target minimum ketuntasan secara klasikal, yaitu 75%. Berdasarkan hasil
tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan media belajar yang dimodifikasi dapat meningkatkan
pembelajaran tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas 6 SDN 17 Serdang kecamatan
Pemangkat Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Tolak Peluru, Modifikasi Media Belajar
Abstract: This study aims to determine the increase in shot-put style sideways learning using
learning media modified on 6 grade students of SDN 17 Serdang District of Pemangkat. This
study was designed using the design of classroom action research, the research subjects 25
students. The results of the implementation of learning research sideways shot put style using a
modified learning media indicate that: (1) The results of student learning in the first cycle has a
percentage in classical completeness by 68% and have not been able to achieve the target
minimum completeness classically defined, ie 75% , (2) In the second cycle, mastery of basic
shot put technique in the classical style is sideways by 84%, which means it has been able to
achieve the minimum target of completeness in classical, ie 75%. Based on these results, it was
concluded that the use of a modified learning media can enhance learning style sideways shot put
at the Grade 6 students of SDN 17 Serdang districts Pemangkat Academic Year 2013/2014.
Keywords: Shot Put, Modified Media Learning
menyamping dengan menggunakan media belajar yang dimodifikasi pada siswa kelas 6 SDN 17
Serdang Kecamatan Pemangkat. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan
Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian 25 siswa. Hasil pelaksanaan penelitian
pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan media belajar yang
dimodifikasi menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada siklus I memiliki presentase
ketuntasan secara klasikal sebesar 68 % dan belum mampu mencapai target ketuntasan minimal
secara klasikal yang telah ditetapkan, yaitu 75%, (2) Pada siklus II, penguasaan materi teknik
dasar tolak peluru gaya menyamping secara klasikal adalah sebesar 84 %, yang berarti telah
mampu mencapai target minimum ketuntasan secara klasikal, yaitu 75%. Berdasarkan hasil
tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan media belajar yang dimodifikasi dapat meningkatkan
pembelajaran tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas 6 SDN 17 Serdang kecamatan
Pemangkat Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Tolak Peluru, Modifikasi Media Belajar
Abstract: This study aims to determine the increase in shot-put style sideways learning using
learning media modified on 6 grade students of SDN 17 Serdang District of Pemangkat. This
study was designed using the design of classroom action research, the research subjects 25
students. The results of the implementation of learning research sideways shot put style using a
modified learning media indicate that: (1) The results of student learning in the first cycle has a
percentage in classical completeness by 68% and have not been able to achieve the target
minimum completeness classically defined, ie 75% , (2) In the second cycle, mastery of basic
shot put technique in the classical style is sideways by 84%, which means it has been able to
achieve the minimum target of completeness in classical, ie 75%. Based on these results, it was
concluded that the use of a modified learning media can enhance learning style sideways shot put
at the Grade 6 students of SDN 17 Serdang districts Pemangkat Academic Year 2013/2014.
Keywords: Shot Put, Modified Media Learning
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats