STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK DI TK GEMILANG PONTIANAK KOTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, pendekatan, serta evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Gemilang Pontianak Kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru cukup baik, guru menyiapkan RKH satu hari sebelum pembelajaran, menyiapkan kelas dan media sesuai dengan tema yang akan dipelajari. Hal ini terlihat hanya sekali guru mengajak anak untuk mengingat kegiatan belajar pada hari sebelumnya, melakukan apersepsi serta menginformasikan tema pada hari itu. Pelaksanaan pembelajarannya pun guru lebih dominan menggunakan papan tulis dan buku tugas dibanding dengan media lainnya. Guru tidak menggunakan pendekatan yang berpusat pada anak, hanya melakukan rolling/tukar posisi duduk anak dalam 2 minggu sekali. Kemudian pada saat evaluasi, terlihat beberapa kali saja guru melakukan tanya jawab pada anak kegiatan apa yang sudah dilakukan dalam satu hari pembelajaran dan guru tidak pernah menginformasikan kegiatan belajar untuk esok harinya pada anak-anak.
Kata Kunci : Strategi guru, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak usia dini
Abstract: This study aimed to describe the planning, implementation, approach and evaluation of teacher’s in improving the beginning of reading skills at TK Gemilang Pontianak Kota. This study used a descriptive research method with qualitative approach. Result of data analysis showed that the planning is done well enough by teachers, teachers prepare RKH one day before study, to prepare the classroom and media according to the themes that will be studied. It is seen that only once the teacher invites the childrens to remember the learning activities on the previous day, did apperception and inform the theme of the day. Even at the implementation of learning the teachers more dominant uses a blackboard and book task than using other media. Teacher does not use centered approach in children, only to exchange the child sitting every two weeks. Then at the time of the evaluation, the teacher only seeb a few times do question and answer on children of what activities is already done in one day learning and teacher never inform the child about next day learning activities.
Key words: teacher strategy, beginning reading skills, early childhood
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i9.6387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats