PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL KONTEKSTUAL KELAS IV
Abstract
Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Mendengarkan Pengumuman Menggunakan Model Kontektual Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 35 Teriang Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi mendengarkan pengumuman menggunakan model kontektual di kelas IV SDN 35 Teriang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 1 orang guru SDN 35 Teriang dan 14Orang siswa kelas IV SDN 35 Teriang. Dalam penelitian ini diperoleh data berupa skor kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan data hasil belajar siswa. Berdasarkan rata-rata hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : skor rata-rata kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran sebesar 2,83 padasiklus I meningkat menjadi 3,27 padasiklus II. Skor rata-rata kemampuan melaksanakan pembelajaran meningkatdari 2,78 padasiklus I menjadi 3,25 padasiklus II. Terjadi peningkatan hasilpenilaiansiswa dari 52,14 padasiklus I menjadi 71,07 padasiklus II.
Kata kunci : Hasil belajar, bahasa Indonesia, dan model kontekstual.
Abstract : Increase of Indonesian learning capability used Contextual Learning approximation method of fourth grade student in SDN35 Teriang Jangkang. The purpose of this research is to know increase of Indonesian learning capability used Contextual Learning approximation method of fourth grade student in SDN 35 Teriang Jangkang. The research method used descriptive method. The research type is classroom action research. The research subject is a teacher in SDN No 35 Teriang Jangkang and 14 student’s of fourth grade in SDN No 35 Teriang Jangkang. In this research can know plan learning capacity score data, perform learning capacity score data, and learning product score data.Based on result average in this research is : score average of plan learning capacity is 2,83 on first cycleand 3,27 on second siclus. Score average of perform learning capacity is 2,78 on first cycle and 3,25 on second siclus. Increase student’s learning capability is 52,14 on first cycle and 71,07 on second.
Key word : Learning capability, Indonesian, Contextual Learning.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats