PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS V
Abstract
Abstrak: Rendahnya hasil belajar peserta didik Pada mata pelajaran matematika tentang penjumlahan pecahan biasa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan metode demontrasi pada pembelajaran matematika di kelas V SDN 08 Sebuda Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, dan sifat penelitian adalah kolaboratif. Tempat penelitian berlangsung di Sekolah Dasar Negeri 08 Sebuda Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau dengan subyek penelitian guru kelas V selaku peneliti dan peserta didik kelas V yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik lembar observasi lansung dan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Hasil yang diperoleh yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I diperoleh 3,25 dalam kategori baik, dan pada siklus II yaitu 3,34 dalam kategori baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 60,00 dan pada siklus II yaitu 86,00.
Kata kunci: Hasil Belajar( Learn output ), Metode Demontrasi (Demonstration Method), Pembelajaran Matematika (Matematic Study.
Abstract : The low learning outcomes of students In mathematics courses on a regular sum of fractions that have not reached the minimum completeness criteria . The general objective of this study was to describe the increase in the study of students using demonstration method in teaching mathematics in grade 08 Sebuda District of SDN Jangkang Sanggau . The method used in this study is descriptive , ie the form of action research studies , and the nature of the research is collaborative . Where the research took place in 08 Sebuda Elementary School District of Jangkang Sanggau with research subjects as a fifth grade teacher and student researchers V classes totaling 10 people . Data collection techniques used are direct observation sheet technique and measurement techniques with a data collection tool in the form of observation sheet . The research was done 2 cycles . The result is the ability of teachers to implement the learning obtained in the first cycle of 3.25 in both categories , and the second cycle is 3.34 in both categories . Learning outcomes of students in the first cycle is 60.00 and the second cycle is 86.00 .
Keywords : Learning Outcomes (Learn output) , Methods Demonstration (Demonstration Method) , Learning Mathematics (Matematic Study).
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats