PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan metode penemuan terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan tes. Alat yang digunakan adalah lembar obsevasi dan lembar soal. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk skor dan persentase kemudian dimaknai dan dideskripsikan. Penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rata- rata kelas meningkat 14,6 atau 19,31% dari siklus I dan sudah tidak ada peserta didik yang tidak tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada pokok bahasan gaya di kelas IV SD.
Kata Kunci : hasil belajar, metode penemuan terbimbing, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract : This study aims to improve the learning outcomes of students in science subjects with guided discovery method. The method used is descriptive qualitative method to form a class action research undertaken collaboratively. The data collection was done by direct observation and tests . The instrument used is the observation sheet and booklet . Data were analyzed in the form of scores and percentages then interpreted and described . The application of guided discovery method can improve the learning outcomes of students. Average grade of 14.6 or 19.31 % increase from the first cycle and there is no incomplete learners . The results showed that the guided discovery method can improve the learning outcomes of students in the subjects of Natural Sciences on the subject of style , especially in the fourth grade .
Keywords : learning, method of guided discovery , learning Natural Sciences
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats