PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan kemampuan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Ketapang dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa observasi langsung kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru maupun peserta didik dan praktik menulis dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan analisis dan pengolahan data diperoleh hasil nilai rata-rata tes awal pada siklus I adalah 68 dan nilai rata-rata tes akhir pada siklus II adalah 78,3. Nilai yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil kemampuan menulis karangan peserta didik pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan media gambar. Hal ini berarti bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi peserta didik dalam pelajaran bahasa Indonesia.
Kata kunci: Peningkatan, kemampuan menulis, media gambar.
Abstract: This study aims to gain an overview of narrative essay writing skills improvement class V student of SD Muhammadiyah Ketapang using media images. The method used is descriptive. Data collection techniques using instruments such as direct observation of learning activities undertaken by teachers and students and practice writing using the media image. Based on the analysis and processing of data obtained by the results of the average value of the initial test on the first cycle was 68 and the average value of the final test on the second cycle is 78.3. Values obtained results show that there is an increase in essay writing skills of students in the first cycle and second cycle using the media image. This means that the use of media images can improve the narrative essay writing skills of learners in learning Indonesian.
Keywords: improvement, write, media images.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6310
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats