PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENYEDERHANAAN DAN MENGURUTKAN PECAHAN MELALUI METODE TUTOR TEMAN SEBAYA

Budi Rahayu, K.Y Margiati, Kaswari .

Abstract


Abstrak: Masalah penelitian ini adalah apakah pemanfaatan metode tutor teman sebaya memberikan sumbangan yang positif pada aktivitas pembelajaran. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah diskriptif, dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data penelitian tindakan kelas ini adalah lembar observasi, wawancara dan kamera. Cara belajar peserta didik aktif (CBSA) dengan mengedepankan kegiatan yang bersifat ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Melalui penggunaan metode tutor teman sebaya dalam aktivitas pembelajaran Matematika berbasis pada cara belajar peserta didik aktif menunjukkan peningkatan aktivitas yaitu ditunjukan dengan nilai rata–rata 59,5pada siklus 1, dan 63,61 pada siklus. Berdasarkan hasil pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi penyederhanaan dan mengurutkan pecahan dengan metode tutor teman sebaya.

Katakunci: Metode Tutor Teman Sebaya, matematika.

 

Abstract: this research Issue is whether the method of utilization of peer tutors provide a positive contribution in the learning activities. The method in use in the study was diskriptif, with the form of his research is the research action class. The instrument used to collect research data class action this is a sheet of observation, interview and a camera. How to learn active learners (CBSA) with an emphasis on activities which is exploration, elaboration and confirmation. Through the use of methods of peer tutor in Mathematics Learning activities based on how active learners study shows increase in activity is indicated with median values – mean of 59, 5thin, and 63,61 cycle 1 cycle. Based on the results of the 1st and 2nd cycles can be inferred that there is an increase in the activity of learning to the learners in the learning of mathematics in material simplicity and sorts the fragments with the method of peer tutors.

Keywords: Peer Tutors, Methods of mathematics.


Full Text:

PDF Untitled () PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats