PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Pemecahan masalah tersebut diatas dilakukan dengan cara melaksanakan perbaikan strategi pembelajaran dikelas dengan metode eksperimen, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Setiap siklus terdiri dari kegiatan sebagai berikut, rencana tindakan, membuat skenario pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen, pelaksanaan tindakan, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan skenario yang telah direncanakan, observasi, pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat, refleksi, data hasil observasi dianalisis secara berkolaborasi untuk mengetahui perubahan-perubahan dan sebagai acuan untuk merencanakan kembali kegiatan siklus berikutnya. Hasil penelitian tindakan kelas setelah dilaksanakan pada siklus I dan siklus II mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata kelas 6,70 dan meningkat pada siklus II menjadi 7,75. Dengan ketuntasan belajar 80% pada siklus I dan pada siklus II 100%.
Kata kunci : Hasil belajar, metode Eksperimen, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract: This classroom action research aims to improve and enhance the student learning outcomes through experimental methods, so that objectives can be achieved. Solving the problem above is done by implementing improvement strategies in class learning with experimental methods, so that learning objectives can be achieved. Each cycle consists of the following activities, plan of action, making the learning scenario by using the experimental method, action, implementing the learning in accordance with the planned scenario, observations, implementation of the action by using the observation sheet that has been made, reflection, observation results of the data analyzed collaborate to determine changes and as a reference for planning a return next cycle activities. The results of research conducted on the class action after the first cycle and second cycle can improve student learning outcomes in Natural Science Education. This is evident from the class V studen t learning outcomes in learning Natural Sciences final test first cycle with an average value of 6.70 and a grade increase to 7.75 in the second cycle. Mastery learning with 80 % in the first cycle and the second cycle of 100 %.
Keywords: learning outcomes, methods of experiment, the Natural Sciences Learning.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats