PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DI SDN 05 KENDAWANGAN
Abstract
Abstrak: Berdasarkan permasalahan yang terjadi selama ini di sekolah Dasar Negeri 05 Kendawangan mengalami permasalahan tentang membaca nyaring siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang materi membaca nyaring di kelas III, Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan membaca nyaring siswa melalui penggunaan metode demonstrasi pada materi membaca nyaring. Penelitian ini menggunakan metode deskriftip dengan bentuk penelitian tindakan kelas, dan sifat penelitiannya kolaborasi dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas III. Data yang dikumpulkan adalah data yang berupa kemampuan guru menyusun rencana pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran serta membaca nyaring siswa. Dengan menggunakan lembar observasi IPKG I dan IPKG II, serta lembar kerja siswa. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan perhitungan rata-rata kelas. Hasil penelitian diperoleh skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,64. dan skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,33. Serta peningkatan membaca nyaring siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 10,67.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Bahasa Indonesia, dan Membaca nyaring.
Abstract : Based on the problems that occurred during the 05 public elementary schools Kendawangan experiencing problems on student read aloud in learning about Indonesian loud reading material in class III , class action research aims to improve student read aloud through the use of a method demonstration on material read aloud. This study uses deskriftip the form of action research , and the nature of the research collaboration using the procedure described action research : planning , implementation , observation , and reflection . The subjects were teachers as researchers and students in grade III . The data collected is the data in the form of the ability of teachers preparing lesson plans , and implementing learning and student read aloud. By using the observation sheet IPKG IPKG I and II , as well as student worksheets . Then analyzed using a percentage formula and the calculation of average grade . Research results obtained by the ability of teachers to plan learning in the first cycle to the second cycle increased by 0.64 . and score the ability of teachers to implement the learning in the first cycle to the second cycle increased by 0.33 . As well as improving student read aloud in the first cycle to the second cycle of 10.67 .
Keywords: Demonstration method, Indonesian, and read aloud.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats