MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN 59 KM.2 NGABANG

Diana Dahlan, Halini ., Paternus Hanye

Abstract


Abstrak: Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 59 KM.2 Ngabang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui media gambar di kelas V SDN 59 KM.2. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kulitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas terhadap 24 orang siswa pada kelas V. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 59 KM.2 Ngabang yaitu pada aktivitas fisik dari siklus I ke siklus II sebesar 80,55%. Pada aktivitas mental dari siklus I ke siklus II sebesar 86,11%. Pada aktivitas emosional dari siklus I ke siklus II sebesar 80,21%. Semula siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran menjadi lebih aktif karena mereka mempunyai motivasi dan semangat yang tinggi mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Media Gambar, Pembelajaran IPA

 

Abstract: Improving Science  Learning Activity using pictures On Fifth Grade Students of SDN 59 Km.2 Ngabang. This research was conducted with the purpose to improve students' learning activities in Natural science lesson by using pictures in class V SDN 59 Km.2 Ngabang. This research uses descriptive qualitative approach . This type of research is classroom action research consist Of 24 students in the class V. The results showed an increase in students' learning activities by using pictures on science learning in fifth grade at SDN 59 Km.2 Ngabang ie on physical activity from the cycle I to cycle II of 80,55% . In the mental activity of the cycle I to cycle II of 86,11% . In the emotional activity of the cycle I to the second cycle II of 80,21% . Initially students were less active in the learning becomes more active because they have the motivation and high spirits to follow the lesson.

Keywords : Activity Learning , Media Image , Learning Science


Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats