PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SDN 34 KUNINGAN SEMPATUNG
Abstract
Abstrak: Penggunaan Media Gambar Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SDN 34 Kuningan Sempatung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV sdn 34 Kuningan Sempatung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Penelitian dilakukan dengan tahapan dua siklus. Pada siklus II aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi siklus I ke siklus II, Aktivitas fisik 71% meningkat menjadi 96%, aktivitas mental 64% meningkat menjadi 86%, dan aktivitas emosional 75% meningkat menjadi 97%, sehingga rata-rata aktivitas peserta didik 70% pada siklus I meningkat menjadi 93% pada siklus II. Dengan demikian hal ini berarti penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar ilmu pengetahuan alam kelas IV SDN 34 Kuningan Sempatung.
Kata Kunci: media gambar, aktivitas belajar, ilmu pengetahuan alam
Abstract : The use of Media Images For Improved Learning Activities Natural Science Elementary School Fourth Grade 34 Kuningan Sempatung . This study aims to determine whether the use of media images can enhance learners' learning activities in science teaching fourth grade sdn 34 Kuningan Sempatung . This study uses descriptive qualitative approach , while the form of research is action research . Data collection techniques such as observation . The study was conducted with two stages of the cycle . In the second cycle of learning activities of students has increased significantly , it is known based on the observation of the first cycle to the second cycle , physical activity increased 71 % to 96 % , 64 % mental activity increased to 86 % , and 75 % emotional activity increased to 97 % , so the average activity of 70 % of students in the first cycle increased to 93 % in the second cycle . Thus this means that the use of media images can enhance learning activities fourth grade science SDN 34 Kuningan Sempatung.
Keywords : media images , learning activities , science
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats