Konsep Pendidikan Karakter Dalam Teori Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Moral di Era 5.0

Anhar Khafid, Akhmad Dalil Rohman, Edi Maulana

Abstract


Baik pendidikan formal maupun nonformal harus menerapkan pendidikan karakter. Dalam kehidupan, akhlak dan moral yang baik adalah yang terpenting. Penerapan dan pelaksanaan pendidikan akhlak meliputi tiga lingkungan, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dengan pendidikan akhlak diharapkan mampu menciptakan anak-anak yang berakhlak dan berakhlak baik sehingga saling bermanfaat satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter dalam teori tri pusat pendidikan Ki Hajar Dewantara dan implikasinya terhadap pendidikan akhlak di era 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik survei literatur.Teknik pengumpulan data berasal dari jurnal, buku, dan artikel ilmiah lainnya. Menurut review dari beberapa karya ilmiah,

Keywords


Era 5.0, Ki Hajar Dewantara, Character Education, Moral Education, Tricenter of Education



DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v12i10.60961

Refbacks




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats