MENINGKATKAN AKTIVITAS MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak: Meningkatkan Aktivitas Menulis Karangan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Seklah Dasar Negeri 28 Sei Laki, Kecamatan Mempawah Hulu.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas Menulis Karangan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Seklah Dasar Negeri 28 Sei Laki, Kecamatan Mempawah Hulu. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dan bersifat kolaboratif lebih mengutamakan proses dari pada hasil.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan yang cukup memuaskan. Dalam pelaksanaannya menggunakan dua siklus. dalam hal ini diperoleh data: Kemampuan siswa sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 5,75 atau 25 % dari jumlah 20 siswa, pada siklus I nilai rata-rata siswa 6,5 atau 62,5 % sedangkan pada siklus II Nilai rata-rata siswa 7,45 atau 85 % dari jumlah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Sei laki, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak. Dengan demikian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar untuk meningkatkan aktivitas menulis pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 28 Sei laki Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak dinyatakan dapat “diterima”.
Kata kunci : Meningkatkan, Aktivitas, Menulis, Media, Gambar.
Abstract: The progress of writing activity using picture media for the students of 5 grade, SD Negeri 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak Regency. The perpose of this recearch is to improve writing activity by using picture, media to the student of grate V SDN 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak Regency. This recearch uses deskriptive and collaborative methods and give priority to process more than result.
From the result of this research is concludedthat writing learning process using picture media haas significant progress this research has 2 cycles, This result shows the student’s ability before the research has the average score of 5,75 or 25% of 20 studnts, in cycle the average score of the students is 6,5 or 62’1 % and in the cycles II is 7,45 or 85 % of the 20 students of grade 5 SDN 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak regency. The conclutions is using picture media to improve writing activity for the students of grade 5 SDN 28 Sei Laki, Mempawah Hulu, Landak regency is “acceptable”.
Key Word : Progress, Activity, Writing, Media, Picture
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats