PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MUTIARA PONTIANAK TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak sejak usia dini, permainan bilangan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk kemampuan kognitif anak. Adapun tehnik yang dapat digunakan yaitu melakukan permainan bilangan sambil bernyanyi dengan pasangannya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak sejumlah 12 orang. Lokasi yang digunakan sebagai penelitian ini adalah PAUD Mutiara. Hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil analisis data, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif dapat dilakukan melalui permainan bilangan dengan media merencanakan dan melaksanakan permainan dengan baik, pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Kecamatan Pontianak Timur.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Permainan Bilangan.
Abstract : The purpose of this research is to importance of improving cognitive abilities in children from an early age, numbers game is one way that can be done for children's cognitive abilities. The technique can be used that make the game of numbers while singing with her partner. Subjects in this study were children some 12 people. The location of this research are used as PAUD Mutiara. The results of the research that has been conducted and the results of data analysis, then in general it can be concluded that the increase in cognitive abilities can be done through the numbers game with a game plan and execute media well, in children aged 5-6 years in PAUD Mutiara District of East Pontianak.
Keywords: Cognitive Ability, Numbers Game
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6083
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .