PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kecerdasan naturalis anak kurang diperhatikan. Anak juga tidak pernah diajak untuk mengeksplor bahan-bahan yang ada disekitarnya akibatnya anak tidak mengenal jenis-jenis tanaman, cara merawat tanaman, dan bagian-bagian dari tanaman. Dari 20 anak hanya 5 anak saja kecerdasan naturalisnya dapat dikatergorikan berkembang sangat baik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru anak yang berjumlah 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan melalui hasil yang diperoleh setelah diadakan analisis data, secara umum dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru dapat dikategorikan “baik”, perencanaan pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dikategorikan “baik. 3) Respon anak terhadap pembelajaran melalui pemanfaatan tanaman terhadap peningkatan kecerdasan naturalis antara lain: anak sudah dapat menyebutkan jenis-jenis tanaman dengan sesuai dengan informasi yang diperoleh dengan peningkatan sebesar 80%, anak sudah dapat menceritakan cara merawat tanaman sesuai dengan praktek langsung yang telah dilakukan, dengan peningkatan sebesar 70%, anak sudah dapat menunjukkan bagian-bagian dari tanaman secara detail dengan peningkatan sebesar 70%.
Kata Kunci : Kecerdasan Naturalis, Tanaman
Abstract: This research is motivated less attention the child naturalist intelligence. Children also never invited to explore the materials around it as a result the child does not know the types of plants, how to care for the plants, and the parts of the plant. Of the 20 children only 5 children naturalisnya intelligence can be developed very well catergories. This research is a form of action research with descriptive methods. Subjects were children of teachers who totaled 20 children. Based on the research that has been done and through the results obtained after the analysis of the data held, in general can be drawn a conclusion that: 1) Planning learning that teachers can be categorized as "good", lesson planning. 2) Implementation of learning that teachers are categorized as "good. 3) The response of children to learning through the use of plants to increase naturalist intelligence, among others: the child is able to mention the types of plants with in accordance with the information obtained with an increase of 80%, the child is able to tell you how to care for plants in accordance with the practice which has been carried out directly , with an increase of 70%, the child is able to show the parts of the plant in detail with an increase of 70%.
Keywords: Naturalist Intelligence, Plan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6067
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats