PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI METODE BERMAIN DENGAN BARANG BEKAS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas melalui metode bermain dengan barang bekas pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak AD-Durunnafis Sungai Rengas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian adalah 18 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aspek membuat mainan dari media bahan barang bekas, anak yang sangat terampil diperoleh persentase 83,33% atau mengalami peningkatan 22,22%, sedangkan pada aspek melakukan eksplorasi bentuk mainan dengan ide sendiri, anak yang sangat terampil diperoleh persentase 77,78% atau mengalami peningkatan sebesar 33,34 dan pada aspek menceritakan cara membuat mainan dari berbagai bahan barang bekas, anak yang sangat terampil diperoleh persentase 83,33% atau mengalami peningkatan sebesar 33,33%.
Kata Kunci : Kreativitas, Metode Bermain dengan Barang Bekas.
Abstract: This study aims to determine the enhancement of creativity through playing with thrift method in children aged 5-6 years in kindergarten AD-Durunnafis Rengas River. The research method used was action research (PTK). The study sample was 18 students. The results of the data analysis showed that aspects of media material made toys thrift, highly skilled child obtained a percentage of 83.33% or an increase of 22.22%, while the exploration aspect of the shape toy with the idea of his own, highly skilled child gained 77 percentage , 78% or an increase of 33.34 and in the telling aspect of how to make toys of various materials used goods, highly skilled child obtained a percentage of 83.33% or an increase of 33.33%.
Keywords: Creativity, Play with Methods Used Goods.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .