PENINGKATAN MOTIVASI ANAK MAKAN SAYURAN MELALUI METODE BERMAIN PERMAINAN COOKING CLASS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya meningkatkan motivasi anak untuk makan sayuran pada anak sejak usia dini, permainan cooking class merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan, adapun cara yang dilakukan dengan cara anak diajak langsung dalam proses kegiatan memasak sayuran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 17 orang dan lokasi yang telah digunakan sebagai penelitian adalah RA Al-Muhajirin Rasau Jaya. Hasil penelitian adalah peningkatan motivasi anak untuk makan sayuran dapat dilakukan melalui metode bermain permainan cooking class pada anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci : Motivasi makan sayuran, permainan cooking class
Abstract : The background of this research is the importance of increasing the motivation of a child to eat vegetables to children at an early age, game cooking class is one way to do, As for how that is done in a way children are invited directly in the process of cooking vegetables. The method used in this research is descriptive method and form of research is Classroom Action Research. Subjects in this study were children who totaled 17 people and locations that have been used as research is RA Al-Muhajirin Rasau Jaya. The result of the research is to improve the child's motivation to eat vegetables can be done through the method of playing the game cooking class in children aged 5-6 years.
Keywords : Motivation to eat vegetables, game cooking class
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .