PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS V SDN 02 PAREH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi peningkatan aktivitas dengan menggunakan metode inkuiri di kelas V SDN 02 Pareh Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan melalui III siklus, prosedur penelitian menggunakan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri selalu mengalami peningkatan pada setiap siklus berdasarkan indicator kinerja yaitu Aktivitas fisik murid dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode inkuiri mengalami peningkatan dari baseline 23,33% ke siklus 3 80% mengalami peningkatan sebesar 56,57% dengan kategori “Cukup tinggi”.Aktivitas mental dari baseline 26,66% ke siklus 3 70% mengalami peningkatan sebesar 43,34% dengan kategori “Cukup tinggi”. Aktivitas emosional dari baseline 23,33% ke siklus 3 76,66% mengalami peningkatan sebesar 53,33%” dengan kategori” Cukup tinggi”. Proses pembelajaran yang dirancangkan guru harus dapat melibatkan murid secara fisik, mental, dan emosional. Aktivitas sanggat diperlukan dalam proses pembelajaran Matematika.
Kata kunci : Aktivitas Belajar Matematika, Metode Inkuiri
Abstract : This study to describe the increase in activity by using the inquiry method in classV SDN 02 Pareh Bengkayang . The method used is descriptive . This research was conducted through a third cycle , the research procedure using the planning, implementation , observation and reflection . The results of the implementation of learning by using the method of inquiry is always increase at each cycle based on performance indicators , namely the physical activity of students in learning mathematics using inquiry methods has increased 23.33 % from baseline to 3 cycles of 80 % has increased by 56.57 % to the category " high enough . " mental activity from baseline to cycle 3 26.66 % 70 % experienced an increase of 43.34 % in the category " high enough " . Emotional activity from baseline 23.33 % to 76.66 % 3 cycles increased by 53.33 % " in the category " High Enough " . The learning process should be drafted teachers involve students physically , mentally , and emotionally . Sanggat activity required in the process of learning mathematics
Key words: Math Learning Activities, Methods inquiry
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .