PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM

Hadi Hasbullah, Wiwik Yunitaningrum, Ahmad Atiq

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain
terhadap hasil passing sepak bola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa
kelas VII A SMP Negeri 1 Selimbau Kab. Kapuas Hulu. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah
one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini sebanyak 21 siswa.
Analisis data dilakukan dengan sistem komputerisasi serta analisis dengan
menggunakan uji t-test. Hasil penelitian memperlihatkan normalitas data pretest
diperoleh nilai sig sebesar 0, 050 > 0,05 dan data posttest diperoleh nilai sig
sebesar 0, 011 > 0,05. Analisis data didapat nilai ttest yaitu sebesar 13,873. Dengan
melihat tabel statistika dimana pada derajat kebebasan db=(N-1) adalah 21-1=20
dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel sebesar 1,725. Dengan
demikian nilai dari ttest = 13,873 lebih besar dari nilai ttabel = 1,725, artinya
hipotesis diterima berarti terdapat pengaruh metode bermain terhadap hasil
passing menggunakan kaki bagian dalam yang signifikan.
Kata kunci : Metode Bermain, Passing Kaki Dalam
Abstract: This research aims to find out the effect of playing method to the result
of passing exercise of football by using inner ankle to the VII A (Seventh grade)
students of SMP Negeri 1 Selimbau, Kapuas Hulu Region. The used method in
this research is Experimental Research with the one group pre- test post-test
design. The sample of research amounted to 21 students. The data analysis is done
by using the computerized system and analysis of t-test. The result is indicated the
normality of pretest data which acquired the sig score 0, 050 > 0,05 and posttest
data acquired sig score 0, 011 > 0,05. The data analysis acquired t-test score of
13,873. By observing the statistic table in free degree namely db=(N-1) is 21-
1=20 and in the significance level of 5% acquired the t-table scores 1,725.
Thereby, t-test scores = 13,873 is bigger than t-table score 1,725, means that the
accepted hypothesis is contained the effect of playing method to the result of
passing by using inner ankle significantly.
Keywords : Playing Method, Passing, Inner Ankle

Full Text:

PDF PDF ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.6029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)  published by

Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura

CP: (62)83125507573

ISSN: 2715-2723 (online)



This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms  of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .Lisensi Creative Commons 

View JPPK Stats