PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MURID PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD

D. Sutoyo (F34211006), Tahmid Sabri, Asmayani Salimi

Abstract


Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi cara meningkatkan aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, bentuk penelitian tindakan kelas dan bersifat kolaboratif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Data hasil penelitian diperoleh penilaian kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I Rata-rata 3,80,  pada siklus II Rata-rata 38,9 dan pada siklus III Rata-rata 4,0. Penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I Rata-rata 3,89, pada siklus II Rata-rata 3,98 dan pada siklus III Rata-rata 4,0. Persentase aktivitas pembelajaran murid pada siklus I untuk aktivitas fisik 86%, aktivitas mental 64%, aktivitas emosional 78,67%, pada siklus II untuk aktivitas fisik 86%, aktivitas mental 72% dan aktivitas emosional 81% dan pada siklus III untuk aktivitas fisik 94%, aktivitas mental 77%, dan aktivitas emosional 88%. Penilaian hasil belajar murid diperoleh pada siklus I Rata-rata 72,24, pada siklus II Rata-rata 81,2 dan pada siklus III Rata-rata 82,32%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Sebujit Bengkayang.

Kata kunci : Aktivitas pembelajaran, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,   media gambar

Abstract: This Research can be useful to give the ways to increase Social Studies learning activities. Research method used is descriptive method, the classroom research activities and is a collaborative effort. This research will be done in 2 cycles. Data research results by ability assessment teachers in planning a lesson for the cycle I average 3.80 and in the cycle II average 4. Assessment at the ability of teachers in order to carry out a lesson for the average cycle I 3.89 and in the cycle II average 3.98. The students learning activities percentage at cycle I for physical activity 86 percent, such mental 64 percent, such emotional 78.67 percent and in the cycle II for physical activity 94%, such mental 77 percent, and such emotional 88 percent. Students' achievement assessment obtained in the cycle I average 72.24 and in the cycle II average 81.2. The conclusions from this research is using the images media may increase the activity in Social Studies of the students grade V at Primary School 12 East Pontianak sub-district.

Keywords: Learning Activities, Social Studies, Images Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons