PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD
Abstract
Abstrak: Sub masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan dalam hal kemampuan mengenal huruf, kemampuan membaca huruf, kemampuan membaca suku kata, kemampuan membaca kata, dan kemampuan membaca kalimat sederhana dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Struktural Analisis Sintesis (SAS) pada murid kelas I SDN 02 Bengkayang? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan kegiatan ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. 1) Murid dapat mengenal huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat dari base line 50% ke siklus III 95%, meningkat sebesar 45% dengan kategori tinggi. 2) Murid dapat membaca huruf dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat dari base line 40% ke siklus III 92,5%, meningkat sebesar 52,5% dengan kategori tinggi. 3) Murid dapat membaca suku kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat dari base line 50% ke siklus III 92,5%, meningkat sebesar 42,5% dengan kategori tinggi. 4) Murid dapat membaca kata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat dari base line 40% ke siklus III 90%, meningkat sebesar 50% dengan kategori tinggi. 5) Murid dapat membaca kalimat sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat dari base line 30% ke siklus III 97,5%, meningkat sebesar 67,5% dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: Pembelajaran membaca permulaan, Metode SAS, Hasil belajar
Abstract: Sub problem in this research is how improved reading skills beginning in terms of ability to recognize letters , the ability to read letters , syllables reading skills , the ability to read words , and the ability to read simple sentences in Indonesian language learning by using Structural Analysis Synthesis ( SAS ) the first graders of SDN 02 Bengkayang ? This research is a class act. The design of these activities include planning, action , observation , and reflection . 1 ) Students can recognize letters in learning Indonesian increased 50 % from the base line to the third cycle of 95 % , an increase of 45 % in the high category . 2 ) Students can read the letter in learning Indonesian increased 40 % from the base line to the third cycle of 92.5 % , an increase of 52.5 % in the high category . 3 ) Students can read the syllables in learning Indonesian increased 50 % from the base line to the third cycle of 92.5 % , an increase of 42.5 % in the high category . 4 ) Students learning to read words in Indonesian increased 40 % from the base line to the third cycle of 90 % , an increase of 50 % in the high category . 5 ) Students can read a simple sentence in learning Indonesian increased 30 % from the base line to the third cycle of 97.5 % , an increase of 67.5 % in the high category .
Keywords: Learning to read the beginning , SAS Methods , Results of study
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats