PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS II
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri 16 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan guru dalam merancang pembelajaran rata-rata pada siklus I total skor IPKG yaitu 14,43 atau rata-ratanya 2,88 dan siklus II total skor IPKG meningkat menjadi 17,28 atau rata-ratanya 3,45. Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran rata-rata pada siklus I total skor IPKG 2 yaitu 29,54 atau rata-ratanya 2,95 dan siklus II total skor IPKG 2 meningkat menjadi 35,63 atau rata-ratanya 3,56. Hasil belajar siswa pada materi perkalian rata-rata siklus I yaitu 58,89. Pada siklus II meningkat menjadi 68,39. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang perkalian mata pelajaran matematika di kelas II Sekolah Dasar Negeri 16 Sungai Pinyuh.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik, Pembelajaran
Matematika
Abstract: This research is to describe of the increase of result learn the student at study of mathematics of class of II of Elementary School 16 Sungai Pinyuh. Research Method used a descriptive method with the form of research of class action. This research is as much 2 cycle, each;every cycle consisted of 2 times meeting. Result of research obtained is ability learn in designing mean study at total cycle I of score IPKG that is 14,43 or flatten 2,88 and total cycle II score IPKG mount to become 17,28 or flatten 3,45. Ability learn in executing mean study of total cycle I score IPKG 2 that is 29,54 or flatten the nya 2,95 and total cycle II score IPKG 2 mounting to become 35,63 or flatten 3,56. Result learn the student items of multiplication of mean of cycle I that is 58,89. cycle II mount to become 68,39. From inferential research result that by using approach of mathematics realistik can improve the result learn the student about multiplication of mathematics subject in class of II of Elementary School of Country 16 Sungai Pinyuh.
Keyword: result learn, approach of mathematics realistik, mathematics study
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats