PENINGKATAN KETRAMPILAN MENYIMAK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan ketrampilan murid menyimak yang meliputi ketrampilan mengingat, ketrampilan mengkomunikasikan, dan ketrampilan menanggapi dengan menggunakan media audio pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 07 Muhi Riam. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif, bentuk penelitia yang digunakan adalah Penelitian Survey Kelembagaan di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 07 Muhi Riam yang berjumalah 20 orang murid. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio selalu mengalami peningkatan pada setiap siklus bedasarkan indicator kinerja. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan setiap aspek yang diamati dalam setiap indikataor seperti aspek sebagai berikut: (1) Kerampilan murid mengingat meningkat dari baseline 37,5% ke siklus III 82,5% mengalami peningkatan sebesar 45% dengan kategori”Cukup Tinggi”. (2) Ketrampilan murid mengkomunikasikan meningkat dari baseline 30%ke siklus III 85% mengalami peningkatan sebesar 55% dengan kategori”Cukup Tinggi”. (3) Ketrampilan murid menanggapi mengalami peningkatan dari baseline 20% ke siklus III 87,5% mengalami peningkatan sebesar 67,5% dengan kategori “Tinggi”.
Kata Kunci : Peningkatan Ketrampilan Menyimak, Media Audio, Bahasa Indonesia
Abstract : The purpose of this study was to describe the skills of students listening skills that include remembering, communicating skills , and responding skills using audio media on learning Indonesian in class VI Elementary School 07 Muhi cascade. The method used is descriptive method , the form used is empirically Institutional Survey Research in Public Elementary School Sixth Grade 07 Muhi cascade that berjumalah 20 students . The result of learning implementation using audio media always increase at each cycle bedasarkan performance indicators . This is demonstrated in every aspect of the observed improvement in every aspect as indikataor as follows : ( 1 ) students considering Kerampilan 37.5% increase from baseline to the third cycle of 82.5 % increased by 45 % in the category of " High Enough " . ( 2 ) communicate the skills of students increased from a baseline of 30 % to 85 % the third cycle increased by 55 % in the category of " High Enough " . ( 3 ) Skills pupil response increased from a baseline of 20 % to the third cycle of 87.5 % increased by 67.5 % in the category of " High.
Key words : Improving Listening Skills , Media Audio , Indonesian.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5959
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .