MENGATASI KESULITAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV MENGGUNAKAN WAWANCARA KLINIS KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dampak wawancara klinis dalam mengatasi kesulitan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis berorientasi pemecahan masalah dengan bentuk studi kasus. Subjek penelitian adalah 6 orang siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 8 Pontianak. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk essai, pedoman wawancara klinis dan angket respon siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa wawancara klinis memberikan dampak positif dengan kriteria sangat tinggi dalam mengatasi kesulitan representasi matematis siswa. Sebelum diberikan wawancara klinis siswa hanya mampu merepresentasikan gagasan matematis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel secara simbol. Setelah diberikan wawancara klinis, siswa dapat merepresentasikan gagasan matematis secara lengkap baik simbol, grafik, gambar dan tulisan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
Kata kunci: Wawancara Klinis, Representasi Matematis
Abstract: This research aims to reveal the effect of clinical interview in conquering students difficulties of mathematical representation in linear equations system in two variables material. The research method that is used is problem solving oriented analytical descriptive with case study form. The research subject is 6 student in grade X MIPA 2 SMA Negeri 8 Pontianak. The data collecting instrument that is used is essay formed written test, interview guidelines and student response questionnaire. The data analysis result showed that clinical interview gave positive effect with very high criteria in conquering students difficulties of mathematical representation. Before doing clinical interview, student only able to represent mathematical idea symbolically in solving related to linear equations system in two variables symbolically. After doing the clinical interview, students can represents mathematical ideas symbolically, graphically, figurally and literally in solving linear equations system in two variables.
Keywords : Clinical Interview, Mathematical RepresentationFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v3i8.5948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .