PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 02 SUNGAI PINYUH
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan peningkatan peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui penggunaan media gambar diam dalam pembelajaran Matematika di Kelas II Sekolah Dasar Negeri No. 2 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif, Setting yang digunakan pada penelitian ini adalah setting di dalam kelas, tepatnya di Kelas II Sekolah Dasar Negeri No. 2 Sungai Pinyuh. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri 8 Sungai Pinyuh serta guru yang mengajar di kelas tersebut. Adapun subyek penelitian ini terdiri dari 8 orang peserta didik perempuan dan 16 orang peserta didik laki-laki. Dalam pelaksanaannya, kegiatan penelitian ini terdiri dari empat tahap, yakni: (1) merencanakan perbaikan; (2) melaksanakan tindakan, (3) mengamati, dan (4) melakukan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi langsung dan teknik documenter. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah pedoman observasi dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran Matematika di kelas II Sekolah Dasar Negeri No.2 Sungai Pinyuh dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: aktivitas belajar, media gambar
Abstract: This study aims to describe the enhancement learning activity through the using of picture as media in Math in the second grade of Sekolah Dasar Negeri 2 Sungai Pinyuh. The method used in this research is descriptive method with this form of research is Classroom Action Research in collaborative action. The subjects of this research are the student of the second grade of Sekolah Dasar Negeri 2 Sungai Pinyuh. This study implemented in two cycles to describe the planning, implementation, and students’s learning motivation through inquiry method in Science. The data collection techniques are direct observation and documentary. Result analysis do with percentage formula. The results of this research show that by using of picture media can improve students' learning activity in Math at the second grade of Sekolah Dasar Negeri 2 Sungai Pinyuh..
Keywords: learning activity, picture media.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) published by
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
CP: (62)83125507573
ISSN: 2715-2723 (online)
This is a website that publishes open access articles distributed under the Creative Commons License. Licensed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License .
View JPPK Stats