PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Putri Pertiwi, Budiman Tampubolon, Hery Kresnadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan model kooperatif teknik make a match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Delta Pawan Ketapang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakanadalahNonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V A yang berjumlah 25 orang dan kelas V B yang berjumlah 25 orang. Hasil analisis data, diperoleh rata–rata posttest pada kelas ekperimen diperoleh sebesar 81,7 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,58. Hasil perhitungan effect size data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar diklasifikasikan dalam kategori tinggi, yang berarti bahwa penerapan model kooperatif teknik make a match memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Delta Pawan Ketapang.

Kata kunci: Teknik Make a Match, Hasil Belajar

 

Abstract: : This research aims to analyze how big the effect of the application of the cooperative model technique make a match of the learning outcomes of students in learning mathematics class V Elementary School 09 delta pawan ketapang. The research method that used is a quasi-experiment with the research design is Nonequivalent Control Group Design. The sample is a class V A student which totaled 25 people and class V B totaled 25 people. The results of data analysis, average posttest on the experimental class obtained is 81,7 while the control class is 70,58. The results of effect size calculation of data student learning result control class and  experiments class of  obtained 0,95 classified in high category, which shall mean that the application of the cooperative model technique make a match provide high effect on the learning outcomes of students in learning mathematics class V Elementary School 09 delta pawan ketapang.

Keywords: Techniques Make a Match, Learning Result


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons