PENGARUH MUSIK KLASIK KARYA W.A. MOZART TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL KELAS 5 SDN 06 PONTIANAK

Lia Dwi Kurniawati, Imam Ghozali, Agus Wartiningsih

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan peserta didik berkonsentrasi dalam pelajaran dan kurang bersemangat. Hal tersebut menyebabkan timbulnya gejala psikis, yang berakibat pada proses belajar mengajar menjadi tidak maksimal. Penggunaan musik dalam belajar diharapkan dapat menjawab fenomena yang terjadi pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan model rancangan penelitian pre-test dan post-test group. Populasi penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 06 Pontianak yang terdiri dari kelas 5A, 5B, 5C. Dengan menggunakan teknik random sampling(diambil secara acak), penulis memperoleh sampel sebanyak 26 orang siswa.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh musik klasik karya Mozart terhadap kecerdasan emosional kelas 5 SDN 06 Pontianak mengalami peningkatan yang signifikan yaitu t hitung> t tabel (7,67>1,708) dengan effect size 4,752 dalam kategori tinggi dan hasil pre-test sebesar 26,34 dan post-test sebesar 65,34.

Kata Kunci :musik klasik, kecerdasan emosional

 

Abstract: The background of this research is the presence of difficulty leamers of concentrates in the lesson and less eager. It is causing the onset of symptoms psychic, that result in learning process is not maximal. The use of music in learning is expected to answer the phenomena that occur at students.Methods used in this research is pre-experimental design with a draft model researchpre-test and post-test group. The population of research is fifth grade students public elementary 06 pontianak consisting ndri class 5a, 5b, and 5c. By using a technique of random sampling the writer obtained the sample as many as 26 people students. The result showed that the influence of music of classical the work of Mozart against the emotional intelligence of fifth grade students of elementary school 06 Pontianak seen a significant increase that is, t hitung> t table ( 7,67> 1,708) witheffect size 4,752 in the category of high and results pre-test of 26,34 and post-test of 65,34.

Keyword: classical music, emotional intelligence.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JPPK:  Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa

telah diindeks oleh:

          

              


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa  diterbitkan oleh

[Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

CP : 081253684719

ISSN: 2715-2723 (online)



Ini adalah situs web yang menerbitkan artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons Berlisensi  persyaratan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .Lisensi Creative Commons